Earphone Bisa Berbahaya

Mendengarkan musik lewat earphone, iPod, MP3 player atau portable CD player memang asyik. Kita bisa menikmati lagu favorit tanpa bikin bete orang yang ngak suka. Tapi, ada bahayanya nih. Kalau kita mendengar dalam waktu yang lama dan dengan volume yang keras, bisa fatal buat telinga!
Tahu ngak, batas aman tingkat kekerasan suara yang boleh didengarkan manusia adalah 85 desibel (db) (desibel adalah suatu pengukuran tingkat kebisingan suara) dalam jangka waktu delapan jam. Sebagai perbandingan, percakapan kita sehari-hari dan dering suara telepon memiliki tingkat kekerasan suara 60 db.


Menurut penelitian di North Western University, earphone yang dipakai dekat sekali dengan gendang telinga dapat memperkeras suara sebanyak 6 sampai 9 db. Padahal suara yang dihasilkan iPod bisa mencapai 115 db. Lebih dari setengah murid SMA menjadi obyek penelitian, mereka mengalami sedikitnya satu gejala penurunan fungis pendengaran karena memiliki kebiasaan mendengarkan iPod lewat earphone dengan volume keras. Yang perlu kamu ketahui, olahraga dengan menggunakan earphone juga berbahaya buat pendengaran dan dapat mempercepat gangguan pendengaran hingga 2 kali lipat!
Tanda bahaya seseorang mengalami suatu gangguan pendengaran jika orang lain sering menganggap suara televisi yang kita setel terlalu keras, kita sering kesulitan mendengar orang berbicara pada kita di seberang ruangan, sering mengalami kesulitan untuk memahami perkataan orang yang di belakangnya banyak suara, atau kita pernah mengalami infeksi telinga atau telinga bernanah.
Kalau masih ingin mendengar musik keras-keras, batas waktunya dikurangi, misalnya hanya 2 jam. Jika berada di tempat bising, misalnya tempat konser, pakailah earplug untuk menahan bunyi. Hindari mendengarkan musik dengan volume maksimal. Yang paling penting, jangan sampai kita memasang volume keras hanya untuk menghilangkan suara dibelakang, contoh, supaya kita tidak mendengar suara lalu lintas atau kendaraan. Ngak mau kan kita tuli gara-gara earphone ?



6 Response to "Earphone Bisa Berbahaya"

  1. Roni says:

    Wah, makasih neh infonya.

    Iya seh, enakan juga dengerin musik pake speaker. hehehe

    Dadan says:

    untung sih ga terlalu sering pake earphone, ngeri juga kalau begitu..

    Armand says:

    Wah...
    Ngeri bnget...

    Thanks infonya teman..

    Wah trims infox,

    Klo gt gw harus ngurangin kebiasaan pk earphone keras2

    Haryono says:

    betul sob, ga mau kan anugrah allah ini rusak...
    ga da duanya loh...

    Iya.... emang enak c dengerin lagu....
    tp efeknya juga gak bagus yah buat kesehatan telinga....

    seep... thanks yah infonya....

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme