Tips Merawat HP

HP sekarang ini bukan lagi mrupakan suatu yg mewah , hampir semua orang da punya . Dari yg paling mahal sampe yg paling murah . Dri orang tua sampe anak sd pun uda da yg punya . HP skarang pun bukan hanya ntuk skedar telpon tau sms aja . Tapi ntuk musix bisa , photo bisa , video bisa , ngenet jg bisa , pkokna uda canggih deh . Yg
dahulu rta2 hanya orang yg tergolong kaya yg punya , skarang da brubah . Tukang becak da yg punya , supir bemo jg da yg punya , bahkan pengemis,pun jg da yg punya . Udh canggih pula . Apa kata dunia ? Tapi udh beli hp mahal2 , eh bentar udh rusak . Rugi kan ? Gmana ya cara merawat agar tidak rusak ? Mungkin caraku bisa di jadikan pilihan

Merawat baterai
Kenali jenis Baterai anda , Lithium (Li-ion) atau bukan (NiCad atau NiMH). Perbedaan kedua jenis baterai ini, menurut pakar sangat mendasar. Jenis Lithium bisa di charge kapan saja tanpa menunggu baterai baterai habis. Jenis Nickel membutuhkan perhatian lebih khusus, karena harus menunggu setrumnya benar-benar habis , sampai tidak bisa lagi dipakai untuk menghidupkan hp, sebelum hp di charge . Agar baterai tidak cepat rusak, pengecasan baterai harus mengikuti intruksi yang ada di petunjuk manual book. Ada baiknya saat baterai di charge, hp dalam kondisi mati, agar proses pengecasan lebih sempurna.

1. Hindarkan hp dari air & panas
Perangkat keras maupun lunak hp sangat rentan terhadap air dan panas. Jauhkan hp Anda dari keduanya. Jika Anda menggunakan kendaraan sebaiknya hp Anda letakan ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung seperti diatas dasboard. Pancaran sinar matahari akan mengganggu kualitas layar hp Anda

2. Jangan meletakkan hp dekat barang-barang elektronik lain
Kenapa tidak boleh meletakan hp didekat alat elektronik lain seperti komputer, karena keduanya bisa saling merusak, akibat gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh kedua benda itu. Jangan juga meletakan hp didekat disket, karena gelombang yang dipancarkan hp akan sangat mudah merusak disket.

3. Gunakan pelindung
Menaruh hp dalam saku baju atau celana sangat riskan, karena bisa saja hp jatuh saat Anda menunduk. Demikian juga jika dalam saku celana, tekanan dari paha ke pinggang saat Anda duduk akan membuat tutup baterai jadi longgar. Cara terbaik agar hp Anda aman adalah dengan memberi kalung hp sehingga bisa digantng di leher . Untuk menjaga casing tetap mulus, sebaiknya menggunakan sarung hp . Selain mengurangi resiko tergores, benturan ataupun terjatuh, tampilan hp juga lebih menarik.

4. Bersihkan hp secara berkala
Bersihkan hp secara berkala dengan menggunakan kain pembersih yang kering. Jenis kain yang bisa digunakan untuk membersihkan terbuat dari bahan katun agar LCD tidak tergores. Bagian dalam hp juga sebaiknya dibersihkan, yaitu dengan membuka bagian belakang hp, lalu keluarkan sim card dan baterai kemudian bersihkan bagian tersebut dengan kuas/cotton bud. Bagian-bagian yang perlu dibersihkan adalah bagian konektor pemantik yang bergesekan langsung dengan mesin. Hindari berganti-ganti sim card atau sering dilepas bisa merusak simholder. Simholder akan longgar ila sim card sering digonta-ganti.

5. Jangan menggunakan aksesoris palsu
Penggunaan aksesoris asli lebih menjamin keawetan ponsel Anda. Penggunaan casing palsu bisa merusak kinerja hp secara tidak langsun. Biasanya bentuk dan ukuran casing palsu tidak pas dengan hp dan hal ini bisa merusak beberapa bagian ponsel.

6. Rawat Kamera
Saat membersihkan lensa kamera atau layar hp jangan pernah menggunakan kapas atau tisu. Serbuk-serbuk kecil dan kotoran yang menempel pada lensa tidak bisa dibersihkan dengan kapas atau tisu, justru akan menambah kotor kamera Anda. Sebaiknya gunakan kain pembersih dari kain yang lembut dan mudah menyerap air.

7. Jangan merubah setting hp kalu ga ngerti
Seringkali kita mengotak-atik hp tapi ga ngerti apa maksudnya . Merubah setting dengan langkah yg salah sangat rawan , bila tidak sesuai maka hp seringkali hank tau tidak bisa di gunakan . Bila hendak merubah setting hp , hendaklah ikuti petunjuk , tanya pada counter2 terdekat , tau juga bisa tanya teman , tp teman yg ngerti .

8. Jangan membuat pasword sembarangan
Biar aman , kita sebaiknya membuat pasword agar terlindung dari tangan jail . Tapi pasword harus selalu di ingat , jangan pasword yg sulit2 , yg bgampang aja buat kamu , tp sulit bagi orang laen . Jangan sembarangan , ntar lupa , nanti hp tidak bisa aktif , tau sim card bisa jg di blokir . Gawat khan ?

9. Jangan di pinjamkan kE orang yg salah
Jangan pinjamkan hp ke orang yg tidak terpercaya . Biasa saja orang itu mempunyai niat buruk , merubah setting'lah , membaca sms kita lah , tau bisa jg mencuri kartu memory , tau bahkan hpnya yg di curi . Gawat jg khan ?

10. Hati-hati dengan bluetooth
Saat selesai memakai bluetooth , hendaknya segera dimatikan , jangan hidup terus . Tau bila ada aplikasi yg masuk lewat bluetooth yg ga jelas . Jangan di terima . Bisa jg itu virus tau aplikasi yg tidak bertanggung jawab .

Sekian.......................



1 Response to "Tips Merawat HP"

  1. Anonymous says:

    Wow!

    Informasinya berguna banget niih.,..!

    Jadi tau cara ngerawat hp yg baik & benar tuh gmana..

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme