Peran Musik Bagi Perkembangan Anak

Dalam membesarkan anak, banyak fakator penting yang mendukung perkembanganya. Pola asuh orang tua merupakan faktor utama. tetapi faktor luar juga membantu, salah satunya melalui musik.

Banyak penelitian yang telah di publikasikan pada beberapa tahun terakhir ini, menguatkan alasan bahwa pelajaran musik memiliki efek positif terhadap perkembangan otak anak. maka akan baika jadinya apabila sejak usia dini, buah hati anda dapat di perkenalkan dengan musik.



Usia yang ideal untuk memulai pelajaran musik antara 3-6 tahun. Usia tersebut merupakan waktu terbaik untuk perkembangan pendengaran. Beranjak ke usia 8-9 tahun, otak kanan dan kiri akan terhubung dan mengala, mengalami penebalan pada penghubung otak kanan dan kiri. Apabila di berikan pendidikan musik sebelum 8 tahun, maka dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak.

Musik di percaya dapat membantu perkembangan mental anak, meningkatkan koordinasi fisik, dan menambah keterampilan berbahasa. Selain itu musik juga dapat membantu meningkatkan matematis dan sosial, melatih daya ingat dan juga kreativitas si buah hati.

Langkah awal untuk memperkenalkan musik pada anak dapat berupa mengajak anak untuk mendenagrkan musik saat sebelum tidur. Saat tersebut bisa dengan memutar kaset atau compact disc (CD) lagu atau musik instrumental yang membuat relaksasi, sembari membacakan buku berita. Kaset untuk anak bisa juga berupa cerita dongeng di lengkapi di iringi bunyi-bunyian dan musik pengiring. Andapun dapat melatih sistem motorik si kecil dengan mengajaknya untuk memeragakan cerita yang di bawakan.

Selain melalui mendengarkan CD, anda dapat membawa sang buah hati untuk belajar di tempat kursus musik. Usia dini adalah moment yang baik untuk mangenalkan musik. Kursus musik mempunyai banyak manfaat, mulai dari perkembangan otak hingga mengontrol emosi anak. Manfaat lainnya, meningkatkan bersosialisasi di awali dengan interaksi si anak dengan pengajar dan dengan teman-teman di tempat kursus.

Hal lain yang di dapat dari bermain musik ialah melatih empati dan meumbuhkan musikalitas anak dengan menggunakan lagu dan gerakan-gerakan yang merangsang koordinasi bagian otak. Alat musik yang di rekomendasiakn yang di pakai untuk usia dini adalah piano dan organ. dentingan kedua alat musik tersebut bisa merangsang otak anak untuk lebih kreatif. Biola dan gitar juga baik untuk di pelajari anak anda sejak kecil.


0 Response to "Peran Musik Bagi Perkembangan Anak"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme